Silabus, Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar SMK MAK

Berikut ini adalah arsip berkas Silabus, Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar SMK MAK.

Silabus, Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar SMK MAK
Silabus, Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar SMK MAK

Silabus, Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar SMK MAK

Silabus  Mata Pelajaran Kelompok Dasar  Program Keahlian  (C2) dan Paket Keahlian  (C3) Sekolah  Menengah  Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan  (MAK)

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah  Aliyah Kejuruan mata pelajaran serta kompetensi dasar pada kelompok C2 dan C3 ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan dunia usaha dan industri.

Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Silahkan baca di sini: Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1769/D3.3/KEP/KP/2014 tentang Silabus Mata Pelajaran kelompok Dasar Program Keahlian (C2) dan kelompok Paket Keahlian (C3) SMK/MAK.

Silabus mata pelajaran pada SMK/MAK memuat tentang : identitas mata pelajaran, identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus merupakan acuan bagi guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

SMK/MAK atau kelompok SMK/MAK yang melakukan penyesuaian kompetensi dasar dan materi pokok terhadap kebutuhan peserta didik dan dunia kerja sebagaimana diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1464/03.3/KEP/KP/2014 tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar kelompok Dasar Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) SMK/MAK, harus menyesuaikan silabus yang diatur dalam keputusan ini dengan kompetesi dasar dan atau mata pokok yang ditambahkan. 

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar kelompok Dasar Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) SMK/MAK

Silahkan baca di sini: Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1464/03.3/KEP/KP/2014 tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar kelompok Dasar Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) SMK/MAK

Berdasarkan Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MAK mata pelajaran serta kompetensi dasar pada kelompok C2 dan C3 ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan dunia usaha dan industri.

Mata Pelajaran Kejuruan yang saat ini berlaku perlu disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan dunia usaha dan industri.

Mata pelajaran dan kompetensi dasar pada kelompok Dasar Program Keahlian (C2) adalah mata pelajaran dan kompetensi dasar yang ruang lingkup dan kedalaman materi serta beban belajarnya berlaku sama untuk seluruh paket keahlian yang berada di dalam satu program keahlian.

Mata pelajaran dan kompetensi dasar pada kelornpok Paket Keahlian (C3) adalah mata pelajaran dan kompetensi dasar keahlian spesifik yang mewadahi kompetensi keahlian, berlaku khusus untuk paket keahlian yang bersangkutan. 

Mata Pelajaran dan kompetensi dasar pada kelompok Dasar Program Keahlian (C2) dan kelompok Paket Keahlian (C3) adalah bagian internal dari struktur kurikulum SMK/MAK untuk masing-masing paket keahlian.

Penyesuaian terhadap kebutuhan peningkatan komptensi peserta didik dan pemenuhan tuntutan kompetensi dunia kerja oleh masing-masing SMK/MAK atau kelompok SMK/MAK dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Penyesuaian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan institusi pasangan (dunia kerja) agar kompetensi yang dipelajari lebih sesuai (link and match) dengan kebutuhan dunia kerja.
  2. Penyesuaian yang dilakukan berupa penambahan kompetensi dasar dan atau materi pokok dalam satu mata pelajaran, tidak boleh mengurangi ruang lingkup, kedalaman, dan bobot kompetensi dasar dan materi pokok yang ada.
  3. Pelaksanaan penyesuaian kompetensi dasar dan materi pokok sebagaimana yang dimaksud dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan penyusunan Mata Pelajaran Muatan Lokal.

Selengkapnya mengenai berkas terkait dengan Silabus, Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar SMK MAK ini silahkan lihat dan download file pada link di bawah ini:

[Download File] SILABUS MATA PELAJARAN SMK/MAK
[Download File] MATA PELAJARAN DAN KOMPETENSI DASAR SMK/MAK
[Download File] BUKU PEMINATAN SMK/MAK
[Download File] BUKU ADAPTIF 8 MAPEL SMK/MAK

Demikian yang bisa kami sampaikan, berkas mengenai Silabus, Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar SMK MAK. Semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Silabus, Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar SMK MAK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel