Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah). Download file dalam format .pdf.

Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Buku ini disusun sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Model buku guru ini mengacu pada buku pelajaran Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah tulisan Anis Tanwir Hadi yang diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Penyusunan Model buku guru ini berpedoman pada Standar Kompetensi Inti (KI) dan Kempetensi Dasar (KD) Permenag Tahun 2013.

Model Buku Guru Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah ini hanya merupakan alternatif bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, guru dapat mengembangkannya sesuai kreativitas guru, sekaligus disesuaikan dengan kondisi sekolah, potensi daerah, serta kebutuhan siswa. Diharapkan Model Guru Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah ini dapat membantu kelancaran proses pembelajaran di sekolah.

Petunjuk Umum

A. Struktur Kurikulum Pembelajaran Fikih

Mata pelajaran Fikih Kelas I Madrasah Ibtidaiyah memiliki 4 (empat) Kompetensi Inti (KI) yang dijabarkan dalam 44 Kompetensi Dasar (KD). Berikut kami tampilkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Fikih Kelas I Madrasah Ibtidaiyah yang berlaku.

Ke-4 Kompetensi Inti (KI) dan ke-28 Kompetensi Dasar (KD) tersebut dikembangkan dalam pembelajaran selama satu tahun dengan dua semester, yaitu Semester 1 dan Semester 2. Semester 1 (ganjil) dan 2 (genap) mencakup 6 minggu dengan beban belajar per minggu selama 4 × 35 menit.

Untuk memfasilitasi siswa dalam menguasai Kompetensi Dasar (KD), Penerbit Tiga Serangkai menerbitkan Buku Guru Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah yang berorientasi pada ke-28 KD tersebut dan dikemas dalam 4 (empat) pelajaran sebagai berikut. 

Semester 1
  • Pelajaran 1 Rukun Islam
  • Pelajaran 2 Bersuci

Semester 2
  • Pelajaran 3 Wudu
  • Pelajaran 4 Tayamum

B. Strategi Umum Pembelajaran Mengacu pada Buku Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah

Penguasaan Kompetensi Dasar dicapai melalui pengembangan pengalaman belajar yang merujuk pada tujuan pembelajaran yang dijabarkan dari setiap Kompetensi Dasar (KD), yang sudah dikembangkan dalam Buku Guru. Sebagai pengingat bagi guru, berikut ini disajikan kunci pengalaman belajar untuk tiap-tiap ranah Kompetensi Inti.

1. Pengembangan Ranah Sikap

Ranah sikap atau afektif dikembangkan dalam bentuk pemberian tugas-tugas belajar, yaitu menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Penilaian sikap dibagi menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan keimanan dan ketakwaan, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan akhlak mulia, sikap mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Sikap spiritual mengacu pada KI-1, yaitu menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya, sedangkan sikap sosial mengacu pada KI-2, yaitu memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

2. Pengembangan Ranah Pengetahuan

Ranah pengetahuan atau proses kognitif dikembangkan dalam bentuk pemberian tugas-tugas belajar mengetahui, mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Dalam mata pelajaran Membina Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah, ranah pengetahuan ini tercermin dalam KI-3, yaitu memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

3. Pengembangan Ranah Keterampilan

Penilaian pada ranah keterampilan atau skill mengacu pada KI-4, yaitu menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Ranah keterampilan atau skill dikembangkan dalam bentuk tugas belajar mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta. 

C. Ruang Lingkup Pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah secara Umum

Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di madrasah ibtidaiyah meliputi beberapa hal berikut.
  1. Fikih ibadah, yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman tentang cara pelaksanaan rukun Islam yang benar dan baik, seperti: tata cara taharah, salat, puasa, zakat, dan ibadah haji.
  2. Fikih muamalah, yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram, khitan, kurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.
Adapun pembelajaran mata pelajaran Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah dapat ditempuh dalam 12 minggu. Secara garis besar, penggunaan buku siswa Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah digambarkan pada tabel berikut. Satu pelajaran dapat diajarkan selama 2, 3, atau 4 × pertemuan. 

Petunjuk Pembelajaran Per Pelajaran

Buku ini merupakan pedoman guru untuk mengelola pembelajaran terutama dalam memfasilitasi peserta didik dalam memahami materi dan mengamalkan pesan-pesan moral yang ada pada buku teks pelajaran. Materi ajar yang ada pada buku Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah akan diajarkan selama satu tahun ajaran. Agar pembelajaran itu lebih efektif dan terarah setiap minggunya, pembelajaran dirancang terdiri atas beberapa hal berikut.
  1. Tujuan pembelajaran, yaitu beberapa hal penting yang harus dicapai/dikuasai setiap peserta didik dalam setiap pelajaran.
  2. Proses pembelajaran, yaitu langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan guru dan peserta didik dalam setiap pertemuan yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penutup.
  3. Penilaian; peserta didik dinilai dengan beberapa hal, di antaranya melalui pemberian tugas (mengumpulkan tugas sebagaimana yang tertera dalam kolom wazifah, penilaian sikap, dan lu‘bah), observasi (nilai observasi dilihat dari aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung meliputi kemampuan menyampaikan pendapat, kerja sama dengan teman, dan ketepatan siswa ketika menjawab pertanyaan), dan tes kemampuan kognitif (dilakukan dengan mengerjakan latihan soal/tamrinat.
  4. Pengayaan; peserta didik diberi khazanah pengetahuan (mengerjakan lembar portofolio) tentang berbagai hal berkaitan dengan pembelajaran akidah dan akhlak.
  5. Remedial; peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran diberikan ulangan remidi untuk menambah nilai ulangan yang belum mencapai ketuntasan.
  6. Interaksi antara guru dan orang tua dilakukan untuk mengetahui keadaan perilau peserta didik di rumah dan lain sebagainya.

Dari berbagai langkah tersebut, dimaksudkan untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran mata pelajaran Fikih di madrasah ibtidaiyah bagi peserta didik agar dapat
  1. mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam, baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial;
  2. Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam, baik dalam hubungan manusia dengan Allah Swt., dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Mad­rasah Ibtidaiyah, perhatikan beberapa tahapan berikut ini.

1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh mata pelajaran Fikih, kompetensi inti, kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum 2013.

2. Setiap bab terdiri atas Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, saran, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orang tua.

3. Penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan, hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.

4. Guru mendorong siswa untuk memperhatikan ikon-ikon yang ada pada buku Memahami Fikih 1 untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah sehingga menjadi fokus perhatian siswa. Adapun ikon-ikon pada buku tersebut adalah sebagai berikut.

a. Tilawah sebagai sarana siswa memperlancar bacaan ayat-ayat Al-Qur’an yang disajikan sebelum masuk pada materi pembelajaran.

b. Mulahazah (Mari Mengamati) disajikan berupa gambar yang berkaitan dengan materi untuk diamati siswa agar muncul suatu pernyataan yang dapat menumbuhkan jiwa kritis terhadap suatu peristiwa.

c. Tafaqquh (Mari Memahami) disajikan berupa materi pelajaran yang disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum Tahun 2013, dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami siswa.

d. Wazifah (Tugas) disajikan sebagai evaluasi kecakapan siswa dalam menerima dan mengembangkan materi pelajaran yang telah disampaikan.

e. Penilaian Sikap disajikan berupa beberapa pernyataan untuk mengetahui sikap siswa dalam menyikapi suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

f. Mahfuzat (Mutiara Hikmah) merupakan ungkapan-ungkapan bijak untuk memotivasi siswa, baik dalam belajar maupun berakhlak mulia.

g. Khulasah (Rangkuman) sebagai ringkasan materi untuk mempermudah siswa mengingat-ingat dan mengulang pelajaran.

h. Penilaian Sikap disajikan berupa beberapa pernyataan untuk mengetahui sikap siswa dalam menyikapi suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, siswa diberi kesempatan untuk memberikan pilihannya sesuai dengan hati nurani, dengan memberikan alasannya.

i. Lu‘bah (Permainan) merupakan bagian penyegaran bagi siswa sebelum masuk ke latihan soal.

j. Tamrinat (Latihan Soal) sebagai evaluasi siswa pada setiap akhir pembelajaran.

k. Uswah Hasanah (Kisah Teladan) merupakan contoh-contoh yang dapat dijadikan pelajaran bagi siswa untuk berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.

l. Latihan Ulangan Umum Semester 1 dan 2 sebagai evaluasi siswa pada akhir semester. 


5. Dalam proses pembelajaran ada dua tahapan, sebagai berikut.

a. Tahap persiapan berisi tentang upaya guru dalam mengondisikan dan melatih siswa dalam membiasakan nilai-nilai yang baik, selain itu juga guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan model-model pembelajaran secara teknis yang akan diterapkan dalam membahas materi.

b. Tahap pelaksanaan tercantum dua model pembelajaran, yaitu model pertama cocok untuk diterapkan diawal pertemuan dalam bab dan model kedua untuk kelanjutan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

6. Contoh-contoh model penilaian ranah kognitif, afektif, psikomotorik, dan tugas siswa, serta pemberian skor dapat dikembangkan oleh guru. Dalam pelaksanaannya, guru sangat mungkin melakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi siswa, sumber belajar, dan lingkungan.

    Download Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah)i ini silahkan lihat pada file preview di sini dan download file pada link di bawah ini:

    Download Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI.zip

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah). Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Guru Memahami Fikih Kelas I (1) MI (Madrasah Ibtidaiyah)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel