Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah). Download file dalam format .pdf.

Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Buku Guru Aku Cinta Bahasa Arab 2 untuk Kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Buku ini disusun berdasar pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum Madrasah 2013 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Buku guru ini memuat petunjuk umum dan petunjuk khusus bagaimana mengguna kan buku ajar dengan tepat. Agar mencapai hasil pembelajaran yang optimal, guru diminta untuk melakukan pembelajaran dengan totalitas, seakan masuk ke dalam dunia anak sesuai petunjuk dalam buku ini. Jika memungkinkan, guru dapat memperkaya metode pembelajaran bahasa Arab ini dengan menggunakan pendekatan tematik dengan metode PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

Setiap bab pada buku siswa terdapat kompetensi mendengar (al-istima‘), berbicara (al-kalam), membaca (al-qira’ah) dan menulis (al-kitabah). Di samping itu, dimunculkan cerita bermakna (al-qissah al-muaffirah), tugas individu (al-wazifah), tantangan dalam sebuah permainan (al-lu‘bah), kata mutiara (mutiara hikmah), keberanian (asy-syaja‘ah), dan diakhiri dengan uji kompetensi materi tiap pelajaran. Hal ini ditujukan untuk memperkaya khazanah keilmuan dan pendalaman bahasa Arab tematik sesuai dengan dunia anak.

Buku Guru Aku Cinta Bahasa Arab 2 untuk Kelas II Madrasah Ibtidaiyah ini berisi:

Bagian 1 Petunjuk Umum 
Bagian 2 Petunjuk Khusus
Pelajaran I Warga Sekolah
Pelajaran II Seragam Sekolah
Pelajaran III Makanan dan Minuman di Kantin
Pelajaran IV Musala Sekolah
Pelajaran V Alat Transportasi
Pelajaran VI Rambu-Rambu Lalu Lintas
Pelajaran VII Peralatan di Rumah
Bagian 3 Lampiran-Lampiran

Petunjuk Umum

A. Struktur Kurikulum Bahasa Arab

Mata pelajaran Bahasa Arab untuk kelas II madrasah ibtidaiyah mempunyai empat Kompetensi Inti yang dijabarkan dalam delapan dua puluh Kompetensi Dasar. 

B. Strategi Umum Pembelajaran Aku Cinta Bahasa Arab

Penguasaan Kompetensi Dasar dapat dicapai melalui pengembangan belajar yang merujuk pada tujuan pembelajaran yang dijabarkan dalam setiap KD yang sudah dikembangkan dalam buku guru. Sebagai arah kebijakan dan pengingat guru dalam proses pembelajaran berikut disajikan kunci pengalaman belajar untuk tiap­tiap ranah Kompetensi Inti (KI).

  • Pengembangan Ranah Sikap atau Afektif; Pada ranah ini dikembangkan kemampuan dalam bentuk pemberian tugas­ tugas belajar (learning task) berupa sikap menerima, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi.
  • Pengembangan Ranah Keterampilan; Pada ranah ini dikembangkan kemampuan dalam bentuk tugas belajar, yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta.
  • Pengembangan Ranah Pengetahuan; Pada ranah pengetahuan atau proses kognitif dikembangkan kemampuan dalam bentuk pemberian tugas­tugas belajar, yaitu mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi.
Pembelajaran bahasa Arab dapat ditempuh dalam 28 pekan. Satu bab/pelajaran dapat diajarkan selama 4 pekan dan sisa waktunya dapat digunakan untuk melakukan evaluasi akhir.

C. Teknik Panduan Buku Guru

Buku guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan kepada guru untuk memperhatikan hal­hal berikut.
  1. Bacalah setiap halaman dengan teliti dan memulai setiap aspek pembelajaran dengan membaca bismillahirrahmanirrahim secara lisan maupun tulisan.
  2. Pahamilah setiap Kompeensi Dasar pada setiap pelajaran.
  3. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) 1 dan (KI) 2 dalam semua kegiatan pembelajaran.
  4. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif, baik di awal pembelajaran, di tengah pembe­lajaran maupun di akhir pembelajaran.
  5. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) 1 dan (KI) 2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  6. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  7. Memulai setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai tema pembelajaran, lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar, dan sebagainya seperti arahan dalam buku panduan.
  8. Guru diharapkan mempunyai ide alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa bermain di luar kelas karena kondisi hujan).
  9. Lakukanlah pembelajaran dengan totalitas dan pendekatan yang baik terhadap siswa dengan melakukan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM).
  10. Pada semester 1 terdapat 4 pelajaran, sedangkan pada semester 2 terdapat 3 pel­ ajaran. Tiap bab terdiri atas 4 keterampilan (maharat), yaitu mendengar (al-istima‘), berbicara (al-kalam), membaca (al-qira’ah), dan menulis (al-kitabah).
  11. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. 

Petunjuk Khusus

Teknik Penggunaan secara Khusus Tiap Pelajaran

Pembelajaran tematik sarat dengan nilai­nilai intelektual, spiritual, emosional dan sosial. Oleh karena itu, dalam praktik pengajaran tidak boleh lepas dari nilai­nilai tersebut, termasuk KI 1 dan KI 2 selalu diharapkan menyertai dalam pembelajaran, baik di awal pembelajaran, di tengah, maupun di akhir. Bahkan, penguatan materi bahasa Arab juga ditarik dan diarahkan menuju pembentukan sikap, keilmuan, serta mencerminkan praktik perbuatan yang baik.

Pada setiap pelajaran akan mempelajari tentang kompetensi mendengar (al-istima‘), berbicara (al-kalwm), membaca (al-qira’ah) dan menulis (al-kitabah). Di samping itu, juga akan mempelajari tentang cerita bermakna (al-qissah al-muaffirah), menuntaskan tugas individu (al-wazifah), menyelesaikan tantangan dalam sebuah permainan (al-lu‘bah), mempelajari dan mengamalkan kata mutiara (mutiara hikmah), keberanian (asy-syaja‘ah), dan diakhiri dengan uji kompetensi materi tiap akhir pelajaran.

Rangkaian pernak­pernik di atas adalah ikon yang harus disampaikan oleh guru dan diikuti oleh anak­anak. Semua itu adalah bagian dari upaya guru menyuguhkan materi pembelajaran bahasa Arab yang menarik dan bermanfaat sesuai dengan dunia anak­anak.

    Download Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah) ini silahkan lihat pada file preview di sini dan download file pada link di bawah ini:

    Download Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI.zip

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah). Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Guru Bahasa Arab Kelas II (2) MI (Madrasah Ibtidaiyah)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel