Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas 2

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas II (2). Download file dalam format .pdf.

Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas 2
Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas 2

Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas II (2)

Buku ini disusun untuk guru sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di madrasah ibtidaiyah. Materi yang ada di dalamnya meliputi Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Petunjuk Umum merupakan gambaran penyusunan buku siswa secara umum sehingga guru mengetahui struktur buku siswa dengan jelas. Sementara Petunjuk Khusus merupakan petunjuk guru dalam proses belajar mengajar di kelas.

Dalam pembelajaran, guru tidak selamanya harus menggunakan materi yang ada di dalam Petunjuk Khusus, namun guru dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan kondisi sekolah setempat. Hal itu bertujuan agar pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik.

Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas 2 ini antara lain berisi:
Bagian 1 Petunjuk Umum
Bagian 2 Petunjuk Khusus
Pelajaran 1 Menulis Huruf Hijaiah
Pelajaran 2 Surah al-Kaufar dan al-Kwfiryn
Pelajaran 3 Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur’an
Pelajaran 4 Mengenal Surah-Surah Pendek
Pelajaran 5 Birul Walidain


Strategi Umum Pembelajaran Mengacu pada Buku Cinta Al- Qur’an dan Hadis untuk Kelas II Madrasah Ibtidaiyah

Penguasaan Kompetensi Dasar dicapai melalui pengembangan pengalaman belajar yang merujuk pada tujuan pembelajaran yang dijabarkan dari setiap Kompetensi Dasar (KD), yang sudah dikembangkan dalam Buku Guru. Sebagai pengingat bagi Guru, berikut ini disajikan kunci pengalaman belajar untuk tiaptiap ranah Kompetensi Inti.

1. Pengembangan Ranah Sikap

Ranah sikap atau afektif dikembangkan dalam bentuk pemberian tugas-tugas belajar yaitu menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Penilaian sikap dibagi menjadi dua,yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan keimanan dan ketakwaan, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan akhlak mulia, sikap mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Sikap spiritual mengacu pada KI-1, yaitu menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya, sedangkan sikap sosial mengacu pada KI-2, yaitu menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

2. Pengembangan Ranah Pengetahuan

Ranah pengetahuan atau proses kognitif dikembangkan dalam bentuk pemberian tugas-tugas belajar mengetahui, mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Dalam mata pelajaran Buku Guru Cinta Al-Qur’an dan Hadis 2 untuk Kelas II Madrasah Ibtidaiyah ranah pengetahuan ini tercermin dalam KI-3, yaitu memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

3. Pengembangan Ranah Keterampilan

Penilaian pada ranah keterampilan atau skill mengacu pada KI-4, yaitu menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Ranah keterampilan atau skill dikembangkan dalam bentuk tugas belajar mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta. 

Petunjuk Khusus

Buku ini merupakan pedoman guru untuk mengelola pembelajaran terutama dalam memfasilitasi peserta didik dalam memahami materi dan mengamalkan pesan-pesan moral yang ada pada buku teks pelajaran. Materi ajar yang ada pada buku Cinta Al-Qur’an dan Hadis 2 untuk Kelas II Madrasah Ibtidaiyah akan diajarkan selama satu tahun ajaran. Agar pembelajaran itu lebih efektif dan terarah setiap minggunya,pembelajaran dirancang terdiri atas beberapa hal berikut.
  1. Tujuan pembelajaran, yaitu beberapa hal penting yang harus dicapai/dikuasai setiap peserta didik dalam setiap pelajaran.
  2. Proses pembelajaran, yaitu langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan guru dan peserta didik dalam setiap pertemuan yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penutup.
  3. Penilaian, peserta didik dinilai dengan beberapa hal, di antaranya melalui pemberian tugas (mengumpulkan tugas sebagaimana yang tertera dalam kolom wazifah, penilaian sikap, dan lu‘bah), observasi (nilai observasi dilihat dari aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung meliputi kemampuan menyampaikan pendapat, kerja sama dengan teman, dan ketepatan siswa ketika menjawab pertanyaan), dan tes kemampuan kognitif (dilakukan dengan mengerjakan latihan soal/tamrinat. Dalam penilaian tersebut, dilengkapi contoh-contoh rubrik penilaian.
  4. Pengayaan, peserta didik diberi khazanah pengetahuan tentang berbagai hal berkaitan dengan pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis.
  5. Remedial, peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran diberikan ulangan remedi untuk menambah nilai ulangan yang belum mencapai ketuntasan.
  6. Interaksi antara guru dan orang tua dilakukan untuk mengetahui keadaan perilaku peserta didik di rumah dan lain sebagainya.

Pelaksanaan Pembelajaran

Berdasarkan pemahaman tentang KI dan KD, guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis tersebut hendaknya dapat
  1. menggunakan isu-isu aktual untuk dapat mengajak peserta didik dalam mengembangkan kemampuan analisis dan evaluatif dengan mengambil contoh kasus dari situasi saat ini dengan fakta-fakta kehidupan beragama yang ada;
  2. memberikan motivasi dan mendorong peserta didik secara aktif (active learning) untuk mencari sumber dan contoh-contoh konkret dari lingkungan sekitar;
  3. merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dengan memberikan pertanyaan- pertanyaan pada setiap jam pelajaran;
  4. mengaitkan konteks lingkungan tempat tinggal peserta didik dengan konteks materi pelajaran Al-Qur’an Hadis yang lebih luas;
  5. menerapkan metode pendekatan saintifik yang terdiri atas 5 M, yaitu menanya, mengamati, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan pada setiap pembelajaran di kelas.

Dalam buku Cinta Al-Qur’an dan Hadis 2 untuk Kelas II Madrasah Ibtidaiyah telah dilengkapi dengan ikon-ikon yang menunjang dengan metode pendekatan saintifik, antara lain sebagai berikut.
  1. Tilawah disajikan untuk membiasakan siswa membaca dan menghafal Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran.
  2. Mulahazah disajikan berupa gambar menarik yang berkaitan dengan materi untuk diamati dan diceritakan siswa agar menumbuhkan kreativitas berpikir pada suatu peristiwa.
  3. Tafaqquh disajikan berupa materi pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum pemerintah.
  4. Wazifah disajikan sebagai usaha pengembangan kemampuan siswa dalam mencapai pembelajaran.
  5. Penilaian Sikap disajikan berupa beberapa pernyataan untuk mengetahui sikap siswa dalam menghadapi suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Qissah Mu’assirah merupakan tuturan yang menggambarkan suatu kejadian yang disajikan dalam bentuk gambar.
  7. Mahfuzat merupakan kata-kata mutiara untuk diambil hikmahnya.
  8. Khulasah disajikan berupa kesimpulan materi yang berfungsi agar siswa mudah mengingat materi pelajaran.
  9. Lu‘bah disajikan berupa permainan sebagai bentuk penyegaran bagi siswa sebelum masuk latihan soal.
  10. Tamrinat disajikan berupa latihan soal sebagai bentuk evaluasi siswa pada setiap akhir pelajaran.
  11. Akhlaq Mahmudah disajikan untuk merangsang siswa berlaku baik dalam kehidupan sehari-hari.
  12. Uswah Hasanah disajikan berupa kisah teladan untuk diteladani siswa setelah membaca kisahnya.
  13. Latihan Ulangan Umum Semester 1 dan 2 disajikan berupa latihan soal semester sebagai bentuk evaluasi siswa pada setiap akhir semester.

    Download Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas II (2)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas II (2) ini silahkan lihat  dan download file pada link di bawah ini:

    Download Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas 2.zip

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas II (2). Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Guru Al-Quran Hadits MI Kelas 2"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel