Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013. Download file format .pdf.

Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013

Buku ini dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Agama, dan dipergunakan dalam penerapan Kurikulum 2013.

Buku ini merupakan Cetakan Ke-1, Tahun 2015, diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

Berikut ini keterangan/kutipan dari kata pengantar oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

Sebagai ajaran agama yang sempurna, Islam harus di-ejawantahkan (dilaksanakan) dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga akan tercipta kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikelompokkan menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari sesuai dengan jenjangnya.

Pengelompokkan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan madrasah dimulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di dalamnya dikhususkan pada peminatan Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya (IIBB) serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi: a). al-Quran Hadis, b). Akidah Akhlak, c). Fikih, d). Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a). Tafsir- Ilmu Tafsir, b). Hadis ilmu Hadis, c). Fikih- Ushul Fikih, d). Ilmu Kalam, e). Akhlak. Kemudian dalam upaya mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) serta Bahasa Arab.

Sebagai komitmen untuk menyiapkan generasi emas anak shaleh dan shalihah, mulai tahun ajaran 2014-2015 seluruh madrasah di bawah pembinaan Kementerian Agama RI telah siap melaksanakan Kurikulum 2013. Untuk keperluan dimaksud, maka secara legal formal Kementerian Agama RI telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Kurikulum 2013 yang berisi Kerangka Dasar Kurikulum Madrasah 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian. 

Pada saat yang sama sebagai panduan implementasi kurikulum madrasah 2013, Kementerian Agama telah menyiapkan model silabus Pembelajaran PAI di Madrasah, menerbitkan buku pegangan siswa dan buku pedoman guru. Kehadiran buku di tangan peserta didik dan guru menjadi kebutuhan pokok untuk menerapkan kurikulum Madrasah 2013.

Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, “Ma la yatimmu al-wajib illa bihi fahuwa wajib” (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyediakan sarana pendukungnya, salah satu di antaranya buku ajar.

Karena itu buku pedoman guru dan pegangan siswa ini disusun dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Akhirnya, semoga buku ini mampu menjadi “jembatan” antara harapan dengan cita- cita tujuan pendidikan Islam secara khusus dan pendidikan nasional secara umum yakni membentuk manusia kaffah (utuh) yang tidak saja memiliki kecerdasan intelektual, namun kecerdasan sosial di tengah kompleksitas kehidupan umat manusia. Amien.


Pada Buku Guru Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013 ini berisi antara lain:

Pelajaran 1: Indahnya Panggilanmu
Pelajaran 2: Tegakkan Shalat
Pelajaran 3: Indahnya Kebersamaan
Pelajaran 4: Tegakkan Shalat
Pelajaran 5: Keagungan-Mu ya Allah

Dengan uraian masing-masing pelajaran meliputi:
  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Tujuan Pembelajaran
  5. Materi Pokok
  6. Proses Pembelajaran
  7. Penilaian
  8. Pengayaan
  9. Remedial
  10. Interaksi Guru dan Orang Tua

Dan pada Buku Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013 berisi:

Semester I

Pelajaran 1 Indahnya Panggilan Allah
A. Lafal Adzan
B. Lafal Iqamah
Rangkuman
Ayo Berlatih

Pelajaran 2 Tegakkan Shalat
A. Syarat Shalat
B. Rukun Shalat
C. Sunnah-sunnah Shalat
D. Hal-hal yang Membatalkan Shalat
E. Ayo Praktek Shalat
Rangkuman
Ayo Berlatih

Semester II

Pelajaran 3 Indahnya Kebersamaan
A. Pengertian Shalat Berjamaah
B. Syarat Sah Menjadi Imam dan Makmum
C. Cara Memberitahu Imam yang Lupa
D. Keutamaan Shalat Berjamaah
Rangkuman
Ayo Berlatih

Pelajaran 4 Keagungan-Mu ya Allah
A. Dzikir Setelah Shalat Fardu
Rangkuman
Ayo Berlatih

Pelajaran 5 Kepada-Mu Aku Memohon
A. Lafadz doa setelah shalat fardu
B. Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berdoa
C. Waktu yang Baik untuk Berdoa
Rangkuman

    Download Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013 ini silahkan lihat pada file preview dan download pada link di bawah ini:






    Download File:
    Buku Guru Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013.pdf 
    Buku Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Guru dan Siswa Fikih Kelas 2 MI Kurikulum 2013"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel