Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK)

Berikut ini adalah berkas Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK). Download file dalam format .docx Microsoft Word.

Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK)
Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK)

Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK)

Berikut ini kutipan teks keterangan mengenai berkas Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK):

Instrumen PKG (Penilaian Kinerja Guru) Bimbingan dan Konseling (BK) adalah merupakan Indikator-indikator penilaian terhadap guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) oleh Kepala Sekolah untuk melakukan evaluasi guna peningkatan kinerja guru.

PKG (Penilaian Kinerja Guru) adalah merupakan penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan, sebagai kompetensi yang dibutuhkan.

Penguasaan kompetensi dan penerapan pengetahuan serta keterampilan guru, sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran atau pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan bagi sekolah, khususnya bagi guru dengan tugas tambahan tersebut.

Sistem PKG (Penilaian Kinerja Guru) adalah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya. Secara umum PKG memiliki 2 fungsi utama yaitu untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah dan untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah yang dilakukannya pada tahun tersebut.

Dalam Instrumen dan Lembar Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling ini bersumber dari;
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
  • Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Proses penilaian Kinerja Guru BK yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dapat dilaksanakan dengan 2 metode, yaitu dengan Pengamatan dan Pemantauan; Pengamatan merupakan suatu proses pengumpulan data kinerja guru yang dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap cara kerja guru pada saat menyampaikan materi pembelajaran atau pembimbingan di kelas kepada peserta didik. Pengamatan terdiri dari sebelum pengamatan, selama pengamatan dan setelah pengamatan. Pemantauan merupakan suatu proses pengumpulan data kinerja guru yang dilakukan terhadap kegiatan guru selain pelaksanaan pembelajaran/ pembimbingan misalnya kehadiran guru di kelas, laporan layanan dan bimbingan konseling terkini dan disampaikan tepat waktu bagi guru BK, kehadiran guru di sekolah, pelayanan terhadap orang tua peserta didik dan lain-lain.

    Download Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK) ini silahkan lihat pada file preview  dan download pada link di bawah ini:




    Download File:
    Download Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK) - Lembar Supervisi Guru BK.docx

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK). Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Instrumen dan Format PKG Bimbingan dan Konseling (BK)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel