Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru. Download file dalam format .pdf.

Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru
Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru

Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru

Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Tahun 2019.

Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV ini disusun untuk memperkuat kompetensi pengetahuan, keterampilan, serta sikap spiritual dan sikap sosial secara utuh. Melalui buku ini, kamu akan diajak mempelajari pengetahuan kesehatan dan mempraktikkan variasi gerak dasar dalam olahraga. Dengan berolahraga tubuh sehat dan bugar, serta memiliki daya tahan yang kuat.

Dengan menggunakan buku ini, kamu akan semakin bersemangat dalam berolahraga. Buku ini akan mengajak kamu belajar permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, senam ketangkasan, senam ritmik, dan renang. Kamu juga akan mempelajari materi daya tahan jantung dan paru-paru, penyakit menular dan tidak menular, serta bahaya rokok, minuman keras, dan Napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif).

Buku ini juga dilengkapi soal dan beragam kegiatan yang dapat meningkatkan pemahamanmu terhadap materi. Penyajian materi dalam buku ini berbasis aktivitas terkait kombinasi gerak dan usaha menjaga kesehatan. Aktivitas tersebut dirancang agar kamu terbiasa melakukan gerak jasmani dengan menyenangkan. Dengan begitu, kamu dapat bereksplorasi dan menemukan informasi secara tidak langsung. Pada kegiatan pembelajaran, kamu menjadi subjek agar dapat mengaktualisasikan mata pelajaran penjasorkes.

Sajian materi dilengkapi gambar yang akan memudahkanmu menyerap materi. Buku ini juga dilengkapi soal dan beragam kegiatan yang dapat meningkatkan pemahamanmu terhadap materi. Meskipun demikian, kami menyadari informasi tentang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terus berkembang. Oleh karena itu, kami mengharap masukan dari berbagai pihak agar dapat menyempurnakan buku ini. Semoga buku ini dapat menjadi teman belajar yang baik. Manfaatkan buku ini sebaik-baiknya. Jadilah generasi penerus yang cerdas, sehat dan bugar, serta berkarakter mulia.

Panduan Penggunaan Buku

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) menunjuk- kan proses pendidikan dengan memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik terkait kualitas individu, baik bentuk fisik, mental, maupun emosional. Sebagai mata pelajaran, PJOK berperan mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan mental, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai, serta pembiasaan pola hidup sehat.

Daftar Tabel
Daftar tabel memuat nama tabel yang terdapat pada buku siswa ini. Daftar tabel disajikan secara berurutan dan dilengkapi dengan nomor halaman.

Daftar Gambar
Daftar gambar memuat gambar yang terdapat pada buku siswa. Daftar gambar disajikan secara berurutan dan dilengkapi dengan nomor halaman.

Apersepsi
Apersepsi diberikan pada setiap awal pelajaran, yang berupa foto/ ilustrasi yang mendukung materi. Rubrik ini menjadi pengantar atau pendahuluan yang mengantarkanmu mengenal ragam olahraga dan kesehatan. Kamu dapat mengetahui informasi olahraga dan kesehatan di lingkungan sekitar. Foto/ilustrasi dalam rubrik ini menggambarkan visualisasi materi yang dipelajari.

Peta Konsep
Peta konsep berupa diagram yang menunjukkan hubungan antarkonsep materi dalam setiap pelajaran. Rubrik ini memuat gagasan materi yang disajikan dalam pelajaran.

Kegiatan
Rubrik ini memuat kegiatan individu dan/atau kelompok. Rubrik ini mengantarkanmu untuk memahami materi yang akan dipelajari. Dengan rubrik ini, kamu dimotivasi untuk mengembangkan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. 

Ayo, Lakukan
Rubrik ini dimaksudkan untuk memperdalam pemahamanmu terhadap materi. Melalui rubrik ini, kamu diajak mempraktikkan materi yang sudah dipelajari.

Tahukah Kamu
Rubrik ini menyajikan informasi penting terkait materi. Rubrik ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan wawasanmu. Informasi berupa peristiwa olahraga aktual, penemuan baru, dan tokoh (olahragawan) yang selaras materi.

Unjuk Kemampuan
Rubrik ini mengajakmu mempraktikkan atau melakukan kegiatan untuk memperdalam pemahaman terhadap materi. Rubrik ini juga untuk menguji kompetensimu dalam mempraktikkan gerak pada materi.

Rangkuman
Rubrik ini memuat ringkasan materi dalam satu pelajaran. Rangkuman disajikan secara ringkas sehingga memudahkanmu dalam memahami dan menguasai materi.

Evaluasi
Rubrik ini berisi soal-soal untuk mengevaluasi pemahamanmu terhadap materi. Rubrik Evaluasi mengukur pengetahuan dan keterampilanmu dalam satu pelajaran. Rubrik Penilaian Akhir Semester 1 untuk mengukur pengetahuanmu setelah mempelajari materi satu semester. Rubrik Penilaian Akhir Semester 2 untuk mengukur pengetahuanmu setelah mempelajari materi satu tahun. Materi evaluasi disesuaikan dengan materi yang telah dipelajari.

Refleksi
Rubrik ini berupa aktivitas yang memuat ungkapan perasaan, pesan, atau kesanmu setelah mengikuti pembelajaran. Kamu diharapkan untuk bersikap terbuka atau jujur dalam mengungkapkan perasaan. Dengan begitu, kamu dapat menemukan makna dan manfaat atas kegiatan pembelajaran yang sudah kamu lakukan. 

Aktivitas Peserta Didik
Rubrik ini untuk menguatkan pemahamanmu terhadap materi yang sudah dipelajari. Melalui rubrik ini, kamu akan memecahkan masalah secara mandiri atau bersama kelompok. Aktivitas Peserta didik dapat berupa praktikum, laporan, analisis kelompok, proyek, dan kliping.

Umpan Balik
Rubrik ini berupa lembar penilaian diri yang mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan. Melalui rubrik ini, kamu diajak untuk bersikap jujur dalam menilai diri sendiri.

Glosarium
Rubrik ini berisi daftar istilah penting yang terdapat dalam buku teks. Istilah yang ditulis disertai arti atau penjelasan singkat. Penulisan glosarium diurutkan sesuai abjad (alfabetis).

Daftar Pustaka
Rubrik ini berisi daftar buku dan bahan bacaan lainnya sebagai bahan rujukan atau bacaan dalam menyusun materi. Penulisan disesuaikan dengan kaidah penulisan daftar pustaka. Daftar pustaka ditulis secara alfabetis.

Indeks
Rubrik ini berisi daftar kata dan istilah penting dalam buku. Daftar indeks disusun secara alfabetis. Setiap kata dilengkapi keterangan nomor halaman.

Informasi Pelaku Penerbitan
Rubrik profil memuat biodata pelaku penerbitan (penulis, penelaah, editor, dan ilustrator). Bagian ini disajikan dalam buku sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan.

    Download Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru ini silahkan lihat pada file preview salah satu berkas RPP dan download file lainnya pada link di bawah ini:




    Download File:
    Download Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Terbaru"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel