Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013

Berikut ini adalah arsip berkas Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013. Download file dalam format .docx Microsoft Word dan .pdf.

Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013
Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013

Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013

Salah satu point penting dalam Kurikulum 2013 adalah Peminatan. Peminatan dalam Kurikulum 2013 ini mencakup kelompok mata pelajaran wajib, kelompok mata pelajaran peminatan serta kelompok mata pelajaran pendalaman dan lintas Minat untuk peserta didik SMA/MA yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan terintegrasi dalam program pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan, khususnya dalam jenjang pendidikan menengah. Artinya, program pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan harus memuat pelayanan peminatan baik kelompok mata pelajaran maupun lintas minat mata pelajaran. Upaya ini mengacu kepada program pelaksanaan kurikulum tahun 2013, khususnya terkait dengan peminatan akademik, pilihan lintas minat atau pendalaman mata pelajaran, dan peminatan studi lanjutan. Program bimbingan dan konseling dengan peminatan sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) atau Konselor di setiap satuan pendidikan.

Dalam konstruk dan isinya kurikulum tahun 2013 mementingkan terselenggaranya proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan peserta didik. Proses belajar yang dilakukan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) dengan penilaian hasil belajar berbasis proses dan produk. Untuk ini, selain memuat isi kurikulum dalam bentuk mata pelajaran dan kegiatan lainnya, Kurikulum Tahun 2013 menyajikan kelompok mata pelajaran wajib, mata pelajaran peminatan, dan mata pelajaran pilihan untuk pendidikan menengah yang diikuti peserta didik sepanjang masa studi mereka. Kelompok mata pelajaran peminatan meliputi peminatan akademik, lintas mata pelajaran atau pendalaman mata pelajaran dan peminatan studi lanjutan. Untuk SMA peminatan akademik meliputi peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, peminatan Ilmu-Ilmu Sosial dan peminatan Bahasa dan Budaya. Guru BK/Konselor membantu peserta didik dalam memenuhi Peminatan kelompok mata pelajaran dan mata pelajaran untuk peserta didik sesuai dengan kemampuan dasar umum, bakat, minat dan kecenderungan pilihan masing-masing peserta didik.

Peminatan memberikan kesempatan yang cukup luas bagi peserta didik untuk menempatkan diri pada jalur yang lebih tepat dalam rangka penyelesaian studi secara terarah, sukses, dan jelas dalam arah pendidikan selanjutnya. Wilayah Peminatan kelompok mata pelajaran dan mata pelajaran bagi peserta didik ini, dalam keseluruhan program pendidikan satuan pendidikan dasar dan menengah merupakan bidang pelayanan BK yang menjadi wilayah manajemen BK dan wilayah tugas pokok Guru BK/Konselor dalam kerangka keseluruhan program pelayanan BK pada satuan pendidikan. Pendalaman materi mata pelajaran merupakan bidang pelayanan pembelajaran yang menjadi wilayah manajemen pembelajaran dan wilayah tugas pokok Guru Mata Pelajaran dalam kerangka keseluruhan program pembelajaran pada satuan pendidikan. Buku Data Peminatan ini digunakan sebagai acuan bagi Guru BK/Konselor dalam memberikan pertimbangan kepada pihak-pihak terkait dalam menentukan kebijakan terkait implementasi kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan. Buku Data Peminatan ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Implementasi Kurikulum 2013. 

Angket Peminatan Peserta Didik dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang identitas dan minat peserta didik terhadap Peminatan dan Pendalaman Mata pelajaran yang diinginkan. Informasi/data yang peserta didik sampaikan akan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan penerimaan dan penempatan Kelompok Mata Pelajaran Peminatan Akademik peserta didik di sekolah. 

Angket Peminatan Peserta Didik berisi Data Identitas Peserta Didik dan Orang Tua, Prestasi Akademik Peserta Didik, Prestasi Non Akademik, Pilihan/Peminatan untuk SMA Kelompok Peminatan - Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, terdiri dari mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia - Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, terdiri dari mata pelajaran Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi, Pilihan Mata Pelajaran Pilihan dan Pendalaman, Minat Studi Lanjut, Minat Pekerjaan, Hasil Pemeriksaan Kesehatan, Perhatian Orang Tua, Rekomendasi Guru BK/Konselor SMP/MTs, Fasilitas Belajar & Sarana Transportasi ke Sekolah, Hal-Hal Lain yang Ingin Disampaikan oleh Orang Tua/Siswa, Catatan Perkembangan Lainnya Tentang Peserta Didik diisi oleh guru BK/Konselor.

    Download Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013 ini silahkan lihat pada file preview  dan download file pada link di bawah ini:

    Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013



    Download File:
    Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013.pdf
    Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013.docx
    Sumber: https://akhmadsudrajat.wordpress.com

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel