Buku Sosiologi Pendidikan

Kontributor : On Minggu, September 23, 2018

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Sosiologi Pendidikan. Download file format PDF.

Buku Sosiologi Pendidikan
Buku Sosiologi Pendidikan

Buku Sosiologi Pendidikan

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi Buku Sosiologi Pendidikan:

Pengertian dan Pendekatan Sosiologi Pendidikan
Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia secara ilmiah, terutama interaksi sosial dalam kelompok. Umumnya ada tiga pendekatan dalam sosiologi yaitu interaksionisme simbolik, strukturalisme fungsional, dan teori konflik. Dalam perkembangannya pendekatan sosiologi dibagi menjadi dua yaitu pendekatan mikro sosiologi dan pendekatan makrososiologi. Pendekatan mikrososiologi menggunakan analisis pada interaksi manusia pada tingkat mikro, dengan analisis interaksionalisme simbolik. Pendekatan makrososiologi menggunakan analisis teori konflik dan teori strukturalisme fungsional.

Sosiologi Pendidikan mengkaji struktur dan proses pendidikan di masyarakat baik secara khusus maupun umum. Secara khusus membahas aspek-aspek sosial dari pendidikan pada tingkat individu, keluarga, dan sekolah. Secara umum membahas berbagai ide, nilai, system ataupun lembaga sosial yang berpengaruh terhadap struktur dan dinamika proses pendidikan. Tujuan sosiologi pendidikan adalah tercapainya kompetensi professional guru pada aspek sosial maupun kepribadian dengan memberikan pembekalan bagi para guru/calon guru agar mampu mengetahui, memahami, menerapkan dan melaksanakan dimensi sosiologi dalam pendidikan, sehingga tercapai tujuan pendidikan nasional.

Ruang Lingkup dan Penelitian Sosiologi Pendidikan
Ruang lingkup sosiologi pendidikan adalah proses, pola, struktur dan dinamika yang terjadi dalam system pendidikan dan sistem-sistem di luar pendidikan yang berdampak terhadap pendidikan, baik secara makro maupun mikro-proses dan pola-pola yang terjadi dalam ssitem pendidikan, baik secara mikro maupun secara makro. Terdapat dua jenjang dalam membahas sosiologi pendidikan yaitu jenjang mikro yang mengkaji pada skala mikro yaitu pada interaksi sosial, seperti interaksi tatap muka sedangkan jenjang makro adalah kajian sosiologi dari perspektif yang lebih luas, mengkaji masyarakat secara umum. Sosiologi pendidikan berkembang dengan adanya penelitian-penelitian. Penelitian sosiologi pendidikan menggunakan prinsip-prinsip penelitian ilmiah dan menggunakan beberapa metode pengunpulan data seperti survey, observasi partisipatif, analisis sekunder, kajian dokumen, eksperimen, dan metode penelitian langkah tak mencolok.

    Download Buku Sosiologi Pendidikan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sosiologi Pendidikan ini silahkan lihat pada file preview dan download pada link di bawah ini:

    Buku Sosiologi Pendidikan



    Download File:
    Buku Sosiologi Pendidikan - Purnama Syaepurohman, dkk.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sosiologi Pendidikan. Semoga bisa bermanfaat.


    Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »