Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD

Kontributor : On Selasa, Juni 26, 2018

Berikut ini adalah arsip berkas buku/modul Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD. Download file format PDF. Buku/modul ini merupakan Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika. Penulis: Dra. Pujiati, M.Ed. Dicetak oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD
Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD

Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi buku/modul Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD:

Latar Belakang
Pada saat belajar matematika, siswa diharapkan akan belajar tentang hal‐ hal yang berkaitan dengan penalaran, yaitu alasan‐alasan logis yang dapat diterima oleh akal (Fajar Shadiq, 2000: 1). Kemampuan bernalar inilah yang merupakan kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Kemampuan tersebut dapat ditularkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dengan pendidikan. Hal itu sejalan dengan Standar Isi Mata Pelajaran Matematika (2006: 416) bahwa mata pelajaran matematika diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.

Salah satu bahasan yang masih perlu mendapatkan perhatian, berdasarkan hasil kegiatan training need assessment (TNA) yang dilaksanakan oleh PPPPTK Matematika pada tahun 2007, di sepuluh propinsi di Indonesia, materi matematika yang masih sulit bagi guru‐guru sekolah dasar (lebih dari 90% responden), adalah materi tentang pengukuran, khususnya Jarak, Waktu dan Kecepatan. (Laporan TNA, 2007: 10). Hal‐hal yang paling sering ditemui oleh para guru adalah mereka mengalami kesulitan atau kebingungan di saat menyelesaikan soal/masalah yang berkaitan dengan Jarak, Waktu, dan Kecepatan. 

Berdasarkan hal‐hal tersebut di atas, maka perlu kiranya dibahas materi yang dapat membantu guru dalam pembelajaran, terutama yang berkaitan dengan Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan serta Alternatif Pemecahannya. Selain itu, materi tersebut juga diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata sehari‐hari siswa dan dapat mengungkapkan serta mengajarkan kepada siswa berpikir logis, kritis, dan kreatif sesuai dengan harapan dalam tujuan pendidikan.

Tujuan
Tujuan dari penulisan modul ini adalah memfasilitasi para guru pemandu/pengembang matematika di Kelompok Kerja Guru (KKG) maupun pemerhati matematika dengan harapan:
  1. dapat digunakan sebagai bahan diskusi tentang permasalahan pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan serta alternatif pemecahannya. Dengan memahami pemecahan masalah pada materi Jarak, waktu, dan Kecepatan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran matematika yang sesuai dengan standar nasional pendidikan.
  2. dapat digunakan sebagai bahan pengayaan para guru, sehingga bahan yang disajikan lebih mudah dicerna oleh para siswa.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup materi yang dibahas dalam modul dengan judul: “Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu, dan Kecepatan di Sekolah Dasar serta Alternatif Pemecahannya” adalah sebagai berikut.
  1. Bab I berisi tentang latar belakang, tujuan, ruang lingkup, dan cara memanfaatkan modul.
  2. Bab II membahas tentang hubungan antara jarak, waktu, dan kecepatan, meliputi: a. satuan waktu, b. hubungan antara jarak, waktu, dan kecepatan, c. cara untuk mempermudah mengingat hubungan antara jarak, waktu dan kecepatan, d. latihan.
  3. Bab III merupakan permasalahan jarak, waktu, dan kecepatan serta alternatif pemecahannya diikuti dengan latihan.
  4. Bab IV adalah penutup yang berisi kesimpulan dan evaluasi.

Cara Memanfaatkan Modul
Modul ini dapat dimanfaatkan oleh guru pada saat pertemuan di KKG dengan cara mendiskusikan permasalahan‐permasalahan yang muncul tentang pembelajaran jarak, waktu, dan kecepatan. Kegiatan di KKG dapat dioptimalkan baik secara individual maupun kelompok untuk dapat membangun dan menemukan konsep secara mandiri, sehingga informasi yang diberikan sebaiknya seminimal mungkin. Modul ini dapat dipelajari dengan cara:
  1. mengingatkan kembali tentang satuan waktu, meliputi: a. arti dari satuan waktu, b. satuan waktu baku dan tak baku, c. cara menghitung selisih antara dua waktu
  2. mendiskusikan hubungan antara jarak, waktu, dan kecepatan dengan menggunakan masalah‐masalah yang ada
  3. mendiskusikan masalah masalah jarak dan kecepatan dengan menggunakan rumus yang sudah ditemukan
  4. mendiskusikan permasalahan jarak, waktu, dan kecepatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari‐hari serta alternatif pemecahannya
  5. contoh masalah yang ada pada bab 3 nomor 4, 5, dan 6 hanya diberikan kepada siswa sebagai pengayaan.
  6. pada saat mengerjakan latihan yang ada, jangan melihat ke kunci terlebih dahulu. Jika menemui jalan buntu baru melihat ke kunci kemudian mencoba kembali latihannya.

Dalam modul ini, penulis menggunakan simbol j untuk jarak, w untuk waktu, dan k untuk kecepatan. Penggunaan simbol tersebut merupakan saran dari guru‐guru yang mengikuti diklat di PPPPTK Matematika dengan alasan agar lebih memudahkan siswa dalam mengingat‐ingat. Namun seandainya simbol‐simbol tersebut menimbulkan kebingungan, maka para pembaca modul dapat menggantinya sesuai dengan simbol yang ada.

    Download Buku/Modul Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas buku/modu; Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD ini silahkan lihat pada file preview dan download pada link di bawah ini:

    Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD



    Download File:
    Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD.pdf 

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file buku/modul Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu dan Kecepatan Serta Alternatif Pemecahannya di SD. Semoga bisa bermanfaat.


    Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »