Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD

Kontributor : On Selasa, Juni 26, 2018

Berikut ini adalah arsip berkas buku Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD. Download file format PDF. Buku ini merupakan Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika, Penulis: Drs. Agus Suharjana, M.Pd. Dicetak oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD
Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD

Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas buku Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD:

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika dalam melaksanakan tugas dan fungsinya mengacu pada tiga pilar kebijakan pokok Depdiknas, yaitu:
  1. Pemerataan dan perluasan akses pendidikan; 
  2. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing;
  3. Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik menuju insan Indonesia cerdas dan kompetitif.
Dalam rangka mewujudkan pemerataan, perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan, salah satu strategi yang dilakukan PPPPTK Matematika adalah meningkatkan peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) serta pemberdayaan guru inti/ guru pemandu/guru pengembang yang ada pada setiap kecamatan, kabupaten dan kota.

Sebagai upaya peningkatan mutu dimaksud maka lembaga ini diharapkan mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan implementasi pengembangan pembelajaran matematika di lapangan. Guna membantu memfasilitasi forum ini, PPPPTK Matematika menyiapkan paket berisi kumpulan materi/bahan yang dapat digunakan sebagai referensi, pengayaan, dan panduan di KKG/MGMP khususnya pembelajaran matematika, dengan topik-topik/bahan atas masukan dan identifikasi permasalahan pembelajaran matematika di lapangan.

Latar Belakang
Dalam rangka menghadapi perubahan paradigma pembelajaran dari metode konvensional yang meletakkan guru sebagai subyek pembelajaran dan siswa sebagai obyek pembelajaran sehingga siswa bersikap pasif, mendengarkan, dan mencatat pelajaran, kepada metode konstruktivis sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang meletakkan siswa sebagai subyek pembelajaran dan guru hanya bertindak sebagai fasilitator, yang bertugas membimbing dan mengarahkan siswa sehingga siswa sendirilah yang aktif mengkonstruksi pengetahuan dengan jalan mengamati, menelusuri, serta menemukan dan membuat generalisasi tentang konsep yang diajarkan.

Menurut filsafat konstruktivisme pengetahuan itu adalah bentukan (konstruksi) diri sendiri yang sedang menekuninya. (von Glasersfeld , Bettencourt, Matthews dalam Paul Suparno, 2001: 2-3). Bila yang sedang menekuni adalah siswa, maka pengetahuan itu adalah bentukan siswa sendiri, sehingga pengetahuan bukanlah sesuatu yang sudah jadi, tetapi sesuatu yang harus dibentuk sendiri dalam pikiran. Jadi pengetahuan itu selalu merupakan akibat dari suatu konstruksi kognitif melalui kegiatan berpikir seseorang. Seseorang membentuk skema, kategori, konsep dan struktur pengetahuan yang diperlukan untuk pengetahuan (Bettencourt dalam Paul Suparno, 2001: 3). Jadi belajar akan bermakna bagi siswa apabila mereka aktif dengan berbagai cara untuk mengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuannya. Dengan demikian, suatu rumus, konsep, atau prinsip dalam matematika, seyogyanya ditemukan kembali oleh siswa di bawah bimbingan guru. Pembelajaran yang mengkondisikan siswa untuk menemukan kembali membuat mereka terbiasa melakukan penyelidikan dan menemukan sesuatu.

Apabila kita menginginkan pelajaran geometri SD yang “berpusat ke siswa”, terlebih dahulu guru harus mempelajari sifat-sifat anak SD. Atas dasar sifat-sifat itulah kemudian baru ditetapkan isi, urutan, metode, dan sarana pelajaran yang akan dibahas. Demikian pula dalam paket ini pembelajaran geometri bidang datar dimulai dengan menyelidiki keseluruhan atau garis besar atau bentuk bangunnya terlebih dahulu, kemudian baru ke unsur-unsur yang makin kecil dan sederhana. Misalnya dimulai dari bangun datar, dilanjutkan dengan sisi, sifat-sifat sejajar, tegak lurus, ukuran dan akhirnya titik sudut.

Disamping itu pembelajaran matematika hendaknya disesuaikan dengan kekhasan konsep dan perkembangan berpikir siswa serta sifat esensial materi dan keterpakaiannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika hendaknya mengikuti kaidah pedagogik secara umum, yaitu pembelajaran diawali dari konkret ke abstrak, sederhana ke kompleks, dan dari mudah ke sulit.

Tujuan
Paket ini merupakan Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG untuk memfasilitasi kegiatan di KKG agar dapat meningkatkan kompetensi anggotanya dalam mengelola pembelajaran matematika yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. Secara khusus paket ini ditujukan bagi guru matematika SD/MI agar memudahkan mereka dalam membelajarkan materi bangun datar dengan menggunakan berbagai
macam alat peraga.

Dengan membaca paket ini guru diharapkan memiliki wawasan tentang cara menanamkan konsep-konsep dasar bangun datar, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep secara luwes, akurat, efisien, dan tepat. Di samping itu guru juga dapat melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperiman, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsistensi.

Ruang Lingkup
Dalam paket ini Anda akan mempelajari 4 (empat) Kegiatan Belajar. Kegiatan Belajar 1 adalah mengenal bangun datar sederhana, Kegiatan Belajar 2 adalah mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana, Kegiatan Belajar 3 adalah unsur dan sifat bangun datar dan Kegiatan Belajar 4 adalah memahami hubungan antar bangun datar.

Cara Pemanfaatan
Untuk mempelajari paket ini, hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  1. pelajari paket secara berurutan, karena materi yang mendahului merupakan prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.
  2. pahamilah contoh-contoh soal yang ada, dan kerjakanlah semua soal latihan yang ada. Jika dalam mengerjakan soal Anda menemui kesulitan, kembalilah mempelajari materi yang terkait.
  3. kerjakanlah soal latihan dengan cermat. Jika Anda menemui kesulitan dalam mengerjakan soal latihan, kembalilah mempelajari materi yang terkait.
  4. jika Anda mempunyai kesulitan yang tidak dapat Anda pecahkan, catatlah, kemudian diskusikan dengan kolega/guru lainnya, atau bacalah referensi lain yang berhubungan dengan materi paket ini.

    Download Buku Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD ini silahkan lihat pada file preview dan download file pada link di bawah ini:

    Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD



    Download File:
    Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD.pdf 
    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file buku Pengenalan Bangun Datar dan Sifat-Sifatnya di SD. Semoga bisa bermanfaat.


    Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »