Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri

Kontributor : On Minggu, April 08, 2018

Berikut ini adalah berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri. Buku ini diterbitkan pada tahun 2017 oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Download file PDF.

Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri
Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri

Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri:

Pendirian dan pengembangan SMK di Indonesia sebagian besar telah didasarkan kepada potensi daerah dan keberadaan DU/DI. Pengembangan kompetensi guru produktif SMK berbasis industri merupakan suatu program yang mendapatkan respon positif dari Kepala Sekolah dan guru produktif SMK. Program tersebut telah direncanakan dan dilaksanakan oleh sebagaian SMK, dengan walaupun demikian keterlibatan guru produktif pada program magang industri masih kurang dari 25%, sehingga perlu dikembangkan pola kerjasama antara SMK dengan DUDI dan model pengembangan kompetensi guru produktif SMK berbasis industri secara berkelanjutan.

Konseptual Pola kerjasama kelembagaan antara SMK dengan DU/DI sebagai implementasi Inpres Nomor 9 Tahun 2016 dan Permen Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 dapat dikembangkan dengan mempertimbangkan bidang keahlian guru produktif, jenjang jabatan fungsional guru (guru pertama, guru muda, guru madya, dan guru utama), dan profil DU/DI.

Konseptual model pengembangan kompetensi guru produktif SMK berbasis industri dapat dikembangkan dengan sistem bersiklus dan berkelanjutan yang didasarkan pada hasil performance assesment, jenjang jabatan fungsional guru (sebagai guru pertama, guru muda, guru madya, dan guru utama) dan pola kerjasama SMK dengan DUDI.

Pengembangan kompetensi guru produktif juga diatur pada PP Nomor 74 Tahun 2008 Pasal 50 dan Pasal 51 yang terkait dengan cuti studi paling lama 6 bulan berupa pemagangan di DU/DI yang relevan dengan tugasnya dan guru tetap memperoleh hak gaji penuh.

Akhirnya diharapkan Konseptual model pengembangan kompetensi guru produktif SMK berbasis industri ini dapat dijadikan sebagai kebijakan Direktorat PSMK melalui penerbitan Permendikbud untuk dapat disosialisasikan dan diimplementasikan seiring dengan telah diundangkannya Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia, kaitannya dengan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah. Disamping itu juga diharapkan adanya regulasi/payung aturan yang jelas bahwa selama pemagangan guru di DU/DI yang relevan dengan tugasnya, diharapakan guru tetap memperoleh hak gaji penuh serta tunjangan profesi.

    Download Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri



    Download File:
    Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Serial Revitalisasi SMK Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri. Semoga bisa bermanfaat.


    Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »