Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru

Kontributor : On Kamis, Desember 06, 2018

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru. Download file format .pdf.

Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru
Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru

Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru:

Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru ini dikembangkan dengan dukungan penuh rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID) melalui Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS). USAID PRIORITAS adalah program kemitraan antara Pemerintah Amerika dan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas di Indonesia. 

Tata Kelola Guru menjadi perhatian khusus dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 (Perpres No.2Tahun 2015).Bentuk perhatian tertuang dalam kebijakan dan strategi pembangunan bidang pendidikan,yaitu:
  1. meningkatkan profesionalisme, kualitas, dan akuntabilitas guru dan tenaga kependidikan, dan
  2. meningkatkan pengelolaan dan penempatan guru. Arah kebijakan ini mengamanatkan adanya pengembangan kapasitas pemerintah kabupaten/kota untuk mengelola perekrutan, penempatan, dan peningkatan mutu guru secara efektif dan efisien.

Kabupaten/kota telah banyak melakukan inovasi dalam mengimplementasikan Program Tata Kelola Guru, baik dalam Penataan dan Pemerataan Guru, maupun dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Guru Pembelajar). Berbagai inovasi tersebut telah dihimpun dalam buku Praktik yang BaikTata Kelola Guru. Buku ini menggambarkan bagaimana proses perumusan kebijakan dilakukan, penetapan kebijakan melalui Peraturan Bupati/Walikota, serta hasil implementasi yang dapat melakukan perubahan, baik dalam rangka mengurangi kebutuhan guru melalui distribusi guru yang efisien, maupun dalam rangka meningkatkan kualitas guru dengan menggunakan pendekatan pendanaan multi-sumber.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa pengelolaan guru jenjang pendidikan dasar menjadi kewenangan kabupaten/kota dan jenjang pendidikan menengah menjadi kewenangan provinsi. Buku ini diharapkan menjadi bahan inspirasi bagi kabupaten/kota yang belum mengimplementasikan Program Tata Kelola Guru,serta inspirasi bagi provinsi untuk menata guru antar kabupaten/kota.

Desain Implementasi Program Tata Kelola Guru di Daerah Mitra USAID PRIORITAS

Mengapa tata kelola guru?
Unsur yang paling penting dalam sistem pendidikan adalah guru (Hattie 1999). Meningkatkan kualitas guru adalah cara terbaik untuk meningkatkan hasil pendidikan. Hanya saja, dengan rasio rata-rata siswa-guru 16:1 pada jenjang SD dan 13:1 pada jenjang SMP, Indonesia memiliki terlalu banyak guru dan penyebarannya tidak merata. Seringkali sekolah di perkotaan memiliki terlalu banyak guru, sedangkan di sekolah terpencil atau pedesaan kekurangan guru.

USAID PRIORITAS mengembangkan program tata kelola guru untuk membantu mengatasi masalah ini, dengan dua cara, yaitu (1) meningkatkan pemerataan penyebaran guru dengan tujuan mengurangi inefisiensi, dan memastikan bahwa setiap kelas diajarkan oleh guru yang berkualitas baik, dan (2) meningkatkan kualitas guru melalui diseminasi praktik yang baik dan pengembangan profesional guru.

Penyebaran guru yang efisien dapat berdampak pada lebih banyak dana untuk pengembangan profesional guru. Prinsip dasarnya adalah sebagai berikut:

Lebih baik memiliki sedikit guru dengan kualitas tinggi, daripada terlalu banyak guru dengan kualitas rendah.

Membuat perencanaan dan kebijakan berbasis data
Untuk mencapai tujuan tersebut, USAID PRIORITAS bekerja bersama dengan Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) mitra dan kabupaten mitra memetakan distribusi guru, mengidentifikasi isu strategis, membuat rekomendasi, dan mengadopsi solusi kebijakan untuk meningkatkan pemerataan guru. Dengan menggunakan pendekatan yang sama, USAID PRIORITAS juga memetakan jumlah guru pada kelompok kerja guru, menghitung unit biaya untuk menyediakan pelatihan dalam jabatan dan pendampingan pada kelompok kerja guru, dan membantu kabupaten untuk mengembangkan rencana anggaran dan kebijakan untuk memastikan bahwa setiap guru dapat mempelajari praktik yang baik melalui diseminasi pelatihan, dan memiliki akses mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan atau guru pembelajar.

Tata kelola guru yang lebih baik dapat meningkatkan kualitas dan keseimbangan pelaksanaan layanan pendidikan. Namun kebijakan perlu memasukkan konteks setempat sebagai bahan pertimbangan, karena pemerataan guru memiliki dampak sosial, ekonomi dan politik. Konsultasi publik dan pendekatan untuk membangun rasa memiliki kebijakan di tingkat masyarakat dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Kerangka kerja hukum yang kuat diperlukan untuk mengurangi resistansi pihak yang terkena dampak kebijakan implementasi kebijakan tata kelola guru harus berdasarkan regulasi yang berlaku saat itu. 


DAFTAR ISI
PENATAAN DAN PEMERATAAN GURU
  • Kembangkan Pembelajaran Kelas Rangkap untuk Sekolah Kecil
  • Penggabungan 69 SDN Sistematis dan Bertahap
  • Penggabungan Sekolah Tingkatkan Kualitas Pembelajaran
  • Alih Fungsi Guru Satu Kebijakan Multi-fungsi
  • Atasi Kekurangan Guru, Sekolahkan PNS Nonguru Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Kebijakan Mutasi Guru SD dan SMP
  • Totalitas Tata Distribusi Guru
  • Mutasi Berbasis Data yang Efektif
  • Mengatasi Kelangkaan Guru di Sekolah Terpencil 

PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
  • Perbanyak Fasilitator dan Bentuk Sekolah Unggulan
  • Pelatihan Sekali dalam Setahun
  • Peningkatan Kualitas Guru Secara Mandiri
  • Jamin Keprofesian Semua Guru, Disiapkan Ratusan Fasilitator Baru
  • Hidupkan MGMP untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran
  • Optimalkan Peran Gugus untuk Profesionalisme Guru
  • Pengembangan Mutu Guru yang Sistemik dan Berkelanjutan
  • Diseminasi Berjalan Masif: Kesetaraan Sekolah dan Madrasah
  • Provinsi Aceh Pemerintah Aceh Alokasikan 16,8 Milyar untuk Diseminasi 
  • Ribuan Guru Diseminasi Pelatihan Praktik yang Baik Secara Mandiri
  • Daftar Konsultan dan Fasilitator Program Tata Kelola Guru
  • LPTK Mitra USAID PRIORITAS

    Download Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru ini silahkan lihat pada file preview dan download file pada link di bawah ini:

    Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru



    Download File:
    Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru.pdf
    Sumber: http://prioritaspendidikan.org

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Praktik yang Baik Tata Kelola Guru. Semoga bisa bermanfaat.


    Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »