Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak)

Kontributor : On Selasa, September 25, 2018

Berikut ini adalah arsip berkas Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak). Download file dalam format PDF.

Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak)
Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak)

Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di Taman Kanak-Kanak - Dra. Caecilia Tridjata S., M.Sn. dan Dra. Widia Pekerti, M.Pd.

Modul ini merupakan modul pertama dari 12 modul mata kuliah Metode Pengembangan Seni. Isi modul ini merupakan dasar pengetahuan bagi Anda sebagai guru taman kanak-kanak (TK) yang mengajar kesenian dalam menelaah dan mempelajari sebelas modul lainnya yang meliputi pendidikan seni rupa, pendidikan musik, dan pendidikan tari.

Anak usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang secara terminologi disebut sebagai anak usia prasekolah atau taman kanak-kanak. Sejumlah riset membuktikan bahwa perkembangan kecerdasan anak pada masa ini mengalami peningkatan dari 50% menjadi 80%. Hal ini menunjukkan pentingnya upaya pengembangan seluruh potensi anak di usia prasekolah karena pada usia tersebut anak mengalami masa peka, yaitu masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespons stimulus yang diberikan oleh lingkungan. Masa peka merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan seluruh potensi anak, termasuk pula minat dan bakat dalam bidang seni.

Keberhasilan pembelajaran kesenian dapat terwujud apabila kegiatan belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi belajar dan bermakna bagi anak. Faktor pembangkit motivasi belajar yang efektif adalah keingintahuan dan keyakinan akan kemampuan diri. Setiap anak memiliki rasa ingin tahu. Sebagai guru yang baik, Anda perlu menyalurkan rasa ingin tahunya melalui cara belajar aktif dan kreatif yang menyenangkan sesuai minat dan kemampuan anak. Kebermaknaan kegiatan dan materi belajar lazimnya terkait dengan bakat, minat, dan pengetahuan yang dimiliki oleh anak. Kebermaknaan belajar pengetahuan, apresiasi, dan keterampilan kesenian tidak dapat terlepas dari usaha-usaha guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan sensitivitas persepsi dan indriawi serta berbagai pengalaman kreatif yang mencakup pengalaman emosional, intelektual, estetik, dan perseptual melalui bahasa ungkap yang berbeda, seperti bahasa rupa, bahasa bunyi, dan gerak sesuai karakter perkembangan seni anak pada masa prasekolah.

Agar pendidikan seni di TK bermakna dan bermanfaat bagi anak, diperlukan upaya penyampaian materi dan pelaksanaan kegiatan kesenian yang bersifat multidimensional, multilingual, multidisiplin, dan multikultural melalui pendekatan belajar dengan seni, belajar melalui seni, dan belajar tentang seni. Untuk mampu menyampaikan secara tepat pada anak usia prasekolah, Anda perlu mengenal serta memahami konsep seni secara utuh dan konsep pendidikan seni secara umum dan khususnya aplikasi di TK. 

Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan memiliki sejumlah kemampuan berikut.
  1. Mampu menjelaskan konsep seni secara utuh yang meliputi pembahasan tentang pengertian seni, sifat dasar seni, unsur-unsur karya seni, dan klasifikasi/ragam seni.
  2. Mampu menjelaskan konsep pendidikan seni yang meliputi pembahasan tentang seni dalam pendidikan, aspek pendidikan seni, dan model pembelajaran seni.
  3. Mampu menjelaskan pendidikan seni di TK yang meliputi pembahasan tentang konsep pendidikan seni di TK, fungsi pendidikan seni bagi anak TK, model pembelajaran di TK, dan pendekatan pembelajaran di TK. 

Selanjutnya, berikut ini dicantumkan beberapa petunjuk yang akan memberi kemudahan belajar Anda.
  1. Bacalah pendahuluan modul ini dengan baik sehingga Anda memahami benar isi modul ini, manfaat mempelajarinya, serta bagaimana cara mengkajinya.
  2. Lanjutkan kajian Anda pada seluruh isi modul ini dengan membacanya sepintas.
  3. Temukan kata-kata kunci dan kata-kata yang Anda anggap sukar atau baru bagi Anda. Cari kata-kata sukar tersebut dalam glosarium atau kamus.
  4. Bacalah isi modul untuk kedua kalinya, bagian demi bagian dengan cermat dan teliti.
  5. Upayakan agar Anda benar-benar dapat memahami pengertian, konsep, dan teori dalam modul ini melalui dua cara, yakni melalui pemahaman atau persepsi Anda sendiri dan juga melalui tukar pendapat dengan sesama anak didik atau tutor.
  6. Amati baik-baik alat bantu modul berupa video.
  7. Kerjakan secara tuntas semua tugas, berupa latihan yang terdapat uraian dan tes formatif yang tercantum pada akhir setiap kegiatan belajar.
  8. Terapkan prinsip dan prosedur belajar dengan berbagai pendekatan, antara lain dengan bentuk imajiner, pengalaman mengamati/mengobservasi karya seni, serta menikmati pertunjukan musik/tari/sastra dan dialog interaktif dengan seniman/narasumber.

    Download Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak) ini silahkan lihat file preview dan download pada link di bawah ini:

    Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak)



    Download File:
    Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di Taman Kanak-Kanak - Dra. Caecilia Tridjata S., M.Sn. dan Dra. Widia Pekerti, M.Pd..pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Wawasan Seni dan Pendidikan Kesenian di TK (Taman Kanak-Kanak). Semoga bisa bermanfaat.


    Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »