Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X

Kontributor : On Sabtu, Agustus 04, 2018

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X. Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud RI Tahun 2017. Download file format PDF.

Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X
Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X

Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X

Di bawah ini kutpan teks/keterangan dari isi berkas Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X:

Buku 1 dan Buku 2 - Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) ini merupakan bagian dari bahan ajar Kurikulum 2013 yang disempurnakan. 

Dunia pendidikan di Indonesia memiliki tantangan yang cukup menarik untuk disimak. Banyak faktor yang menjadi catatan penting bagi para praktisi pendidikan untuk mewujudkan salah satu cita-cita negara ini, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bangsa ini dihadapkan pada tuntutan dunia untuk meningkatkan taraf kehidupan dengan kapabilitas mumpuni. Setiap individu mau tak mau harus membekali diri dengan keahlian atau kemampuan untuk memenangkan kompetisi di dunia kerja. Kompetensi yang harus dimiliki individu di abad ke-21 adalah berpikir kritis untuk penyelesaian masalah, kreatif, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Abad ke-21 juga menuntut penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam menyikapi kondisi tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit. PSMK) menyusun Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Bahan ajar ini diajarkan untuk semua program keahlian di SMK kelas X. Konten buku ini telah dimutakhirkan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Semoga, siswa SMK yang telah mempelajari materi Simdig, mampu menerapkannya pada mata pelajaran lain, sehingga mereka dapat mengomunikasikan konsep atau gagasan atas produk atau layanan yang mereka kembangkan.

Petunjuk Penggunaan Buku
  1. Buku ini berkedudukan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada SMK Kurikulum Nasional. Buku ini juga merupakan buku sumber yang memuat ‘hampir’ seluruh informasi yang diperlukan dalam pembentukan pengetahuan dan proses pembentukan keterampilan.
  2. Pembelajaran mata pelajaran Simdig dilakukan dengan pendekatan blended learning, siswa membaca terlebih dahulu sebelum setiap pertemuan tatap muka di kelas bersama guru. Karena banyaknya materi, guru menentukan materi tertentu untuk dibahas dalam pertemuan tatap muka, berdasarkan pertanyaan siswa pada materi yang sulit dipahami dan pada materi yang diduga belum pernah dikenal oleh siswa.
  3. Hampir semua materi dalam buku ini selalu terkait dengan penggunaan program dan aplikasi. Bahkan, pada bagian tertentu, penggunaan aplikasi memerlukan jaringan internet. Di tempat belajar yang tidak memiliki jaringan internet, atau jaringannya kurang bagus, kewajiban siswa mempelajari fitur aplikasi tetap diharapkan dapat terpenuhi. Namun, pada saat menggunakannya sebagai bagian praktik siswa, terpaksa hasilnya tidak dapat maksimal.
  4. Jika aplikasi memiliki plug in (aplikasi/perangkat pendukung program utama), plug in tersebut tidak diterangkan pada buku ini, mengingat banyaknya plug in yang ada di pasaran. Penguasaan penggunaan plug in tidak menjadi indikator keberhasilan belajar yang diukur melalui penilaian. Sebagai contoh, plug in untuk kepentingan audio sebagai pelengkap Adobe Premier, tidak dibicarakan dalam buku ini. Guru dan siswa dapat mencari sendiri plug in tersebut dan membahasnya dalam pembelajaran. Penguasaan plug in tersebut bukan bagian dari penilaian kompetensi siswa.
  5. Mata pelajaran ini berlaku untuk semua Bidang Keahlian pada SMK, diajarkan pada tahun pertama (kelas X), tidak dapat diperpanjang pada kelas berikutnya. Mata pelajaran ini menjadi dasar bagi penggunaan komputer dan peralatan TIK lainnya untuk mendukung penguasaan mata pelajaran produktif kejuruan lainnya. Guru dan siswa harus merelasikan penggunaan perangkat TIK dengan mata-mata pelajaran pada bidang keahlian, program keahlian, dan kompetensi keahlian yang dipelajarinya selama di SMK. Guru diharapkan mampu membimbing analisis bernalar siswa mengatasi masalah.
  6. Pada program keahlian atau kompetensi keahlian tertentu, Seni Pertunjukan misalnya, mata pelajaran Simdig tidak dimaksudkan mengurangi kompetensi siswa di bidangnya, tetapi justru digunakan untuk mendukung pencapaian kompetensinya dengan lebih baik. Kompetensi bermain musik yang nantinya didukung juga oleh Mata Pelajaran Komputer Musik, tidak akan terhapuskan dengan adanya Simdig. Penggunaan komputer dan peralatan TIK lainnya akan mendukung pencapaian kompetensi bermain musik karena pembiasaan penggunaan peralatan TIK dalam Simdig akan mendukung seseorang untuk mengomunikasikan gagasannya. Salah satu tujuan pembelajaran pada Komputer Musik adalah membuat aransemen atau orkestrasi dengan komputer, yang sering disebut juga dengan musik digital. Contoh proses membuat aransemen menggunakan musik digital terlampir pada bagian akhir buku ini. Demikian juga pada program keahlian lainnya, yang mengajarkan CAD atau program desain lainnya, kompetensi mendesain menggunakan komputer dan peralatan TIK lainnya tetap dapat diajarkan. Buku ini tidak membahas program tersebut.
  7. Buku sumber ini memuat materi yang sangat banyak. Guru bersama siswa hanya membahas materi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Siswa masih mugkin mencari materi di luar buku sumber sebagai pengayaan. Dengan pengetahuannya tersebut, siswa akan mendapatkan hasil karya lebih dari tuntutan tujuan pembelajaran. Buku ini mendukung siswa mengembangkan kreativitas.
  8. Mata pelajaran lain yang paling dekat dengan Mata Pelajaran Simdig adalah Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang akan dipelajari siswa pada Kelas XI. Diharapkan, siswa sudah mampu mengidentifikasi masalah untuk dicarikan solusinya, mengomunikasikan gagasan solusi tersebut kepada pihak lain untuk dikolaborasikan atau dilaksanakan sendiri, sampai pada titik mengusahakan gagasan tersebut sebagai usaha yang menghasilkan uang.
  9. Siswa yang kreatif dengan gagasan yang mungkin berbeda dengan bidang keahlian, atau program keahlian, bahkan berbeda dengan kompetensi keahlian yang dipelajari di sekolah, harus diberikan solusi oleh guru Simdig. Buku sumber ini menjadi buku sumber untuk keterampilan hidup (life skill).
Daftar Isi Buku 1
BAB I KONSEP DASAR
A. Konsep Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
B. Mengatasi Masalah
C. Mengomunikasikan Gagasan
D. Kemampuan Berkomunikasi dan Perangkat

BAB II PENGGALIAN IDE
A. Logika dan Algoritma
B. Menggali Ide
C. Peta Minda

BAB III PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL
A. Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata
B. Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Angka
C. Pemanfaatan Perangkat Lunak Presentasi
D. Teknik Presentasi
E. Pemformatan Naskah Digital

Daftar Isi Buku 2
BAB I KONSEP DASAR
A. Konsep Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
B. Mengatasi Masalah
C. Mengomunikasikan Gagasan
D. Kemampuan Berkomunikasi dan Perangkat

BAB II PENGGALIAN IDE
A. Logika dan Algoritma
B. Menggali Ide
C. Peta Minda

BAB III PENGELOLAAN INFORMASI DIGITA
A. Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata
B. Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Angka
C. Pemanfaatan Perangkat Lunak Presentasi
D. Teknik Presentasi
E. Pemformatan Naskah Digital

Download Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X ini silahkan lihat pada file preview salah satu berkas buku dan download file buku lainnya pada link di bawah ini:

Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK Kelas X



Download File:
Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK - Bagian 1.pdf
Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital SMK MAK - Bagian 2.pdf


Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »