Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif SMK

Kontributor : On Minggu, April 08, 2018

Berikut ini adalah berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif Berdasarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016. Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2017. Download file format PDF.

Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif
Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif

Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif Berdasarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016:

Melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dunia pendidikan khususnya SMK sangat terbantu karena akan terciptanya sinergi antar instansi dan lembaga terkait sesuai dengan tugas dan fungsi masing- masing dalam usaha mengangkat kualitas SMK. Kehadiran Buku Serial Revitalisasi SMK diharapkan dapat memudahkan penyebaran informasi bagaimana tentang Revitalisasi SMK yang baik dan benar kepada seluruh stakeholder sehingga bisa menghasilkan lulusan yang terampil, kreatif, inovatif, tangguh, dan sigap menghadapi tuntutan dunia global yang semakin pesat.

Buku Serial Revitalisasi SMK ini juga diharapkan dapat memberikan pelajaran yang berharga bagi para penyelenggara pendidikan Kejuruan, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah dan berkembang sesuai tuntuan dunia usaha dan industri. 

Tidak dapat dipungkuri bahwa pendidikan kejuruan memiliki peran strategis dalam menghasilkan manusia Indonesia yang terampil dan berkeahlian dalam bidang- bidang yang sesuai dengan kebutuhan.

Pemenuhan SDM berkualitas di Indonesia salah satunya dapat dilakukan melalui pengembangan layanan pendidikan menengah kejuruan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman. Pendidikan kejuruan di Indonesia saat ini masih menghadapi bebagai permasalahan, salah satunya adalah kekurangan guru produktif berdasarkan bidang keahlian yang ada dibandingkan dengan kebutuhan ideal. Oleh karena itu pemerintah melakukan revitalisasi pemenuhan mutu SMK

Buku ini disusun berdasarkan kajian hasil penelitian tentang Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif Berdasarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016, dimana hasil kajian tersebut merupakan gagasan yang ditawarkan oleh penyusun, dan berdasarkan masukan dari FGD dengan para praktisi (Guru, kepala sekolah, Pengawas, Unsur Direktorat PSMK, dan juga para akademisi dari Perguruan Tinggi). Buku ini menawarkan gagasan pola pemenuhan jumlah Guru Produktif untuk jangka pendek, menengah, dan panjang tentunya dengan mempertimbangkan peningkatan kualitas secara umum. Sedangkan pengembangan kualitas secara khusus belum menjadi cakupan isi buku ini.

Buku ini disusun berbasis pada data penelitian yang telah dilakukan di 8 Provinsi dengan mempertimbangkan pembagian wilayah barat dan timur Indonesia. Delapan Provinsi tersebut adalah Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Adapun responden yang dilibatkan adalah Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas yang terkait dengan bidang revitalisasi SMK, PPPPTK penyelenggara Program Keahlian Ganda, serta guru peserta PKG dan kepala sekolah SMK. Berdasar data dari responden tersebut penyusun menawarkan gagasan tentang Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif Berdasarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016.

    Download Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif Berdasarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif



    Download File:
    Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif Berdasarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Serial Revitalisasi SMK Pola Kebijakan Pengembangan Guru Produktif Berdasarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016. Semoga bisa bermanfaat.


    Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »