Panduan Operator GIS Madrasah 2018

Kontributor : On Jumat, April 06, 2018

Berikut ini adalah berkas Panduan Operator GIS Madrasah Tahun 2018. Download file format PDF. Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis Sebaran Madasah ini bisa diakses melalui https://madrasah.kemenag.go.id/gis. Buku Petunjuk Penggunan Aplikasi ini bersifat konfidensial dan dimiliki oleh Bagian Direktorat KSKK Madrasah -  Kementerian Agama Republik Indonesia. Dokumen ini ditujukan kepada operator madrasah sebagai panduan pengelolaan data Profile madrasah terkait pendokumentasian data sarana dan prasarana kondisi madrasah.

Panduan Operator GIS Madrasah 2018
Panduan Operator GIS Madrasah 2018

GIS (Geographic Information System) atau Sistem Infomasi Geografis Sebaran Madrasah adalah salah satu pangkalan data madrasah yang disajikan dalam bentuk peta dan dipublikasikan secara umum. Data yang dimuat meliputi informasi profil madrasah, kontak, data lokasi, kondisi bangunan dan sarpras, foto kegiatan siswa, dan foto prestasi madrasah. Dan setiap madrasah wajib untuk melakukan pemutakhiran data GIS Madrasah tersebut. Proses update data GIS ini dijelaskan dalam Surat Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor: 172/Dt.1/Dt.1.1.2/Ks.00/02/2018 tertanggal 5 Februari 2018 yang ditujukan kepada Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia tersebut berisikan penugasan untuk meneruskan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan Kepala Madrasah agar melaksanakan update data GIS Madrasah.



Panduan Operator GIS Madrasah 2018

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas dokumen User Manual Sistem Informasi Geografis Sebaran Madasah atau GIS (Geographic Information System):

Dokumen user manual Sistem Informasi Geografis Sebaran Madasah dibuat untuk tujuan sebagai berikut:
  1. Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan sistem informasi geografis sebaran madrasah untuk administrator dan pengguna (user) level bawah.
  2. Sebagai panduan penggunaan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah.

Pihak-pihak yang berkepentingan dan berhak menggunakan dokumen ini yaitu :

1. Administrator Kemenag Pusat
Administrator kemenag pusat menggunakan dokumen ini untuk panduan melakukan pengaturan data akun madrasah.

2. User Pengguna (madrasah)
User pengguna atau admin madrasah menggunakan dokumen ini untuk panduan melakukan penginputan sumber data utama.

Deskripsi Umum Aplikasi:
Deskripsi umum aplikasi meliputi pangkalan data madrasah yang meliputi informasi profile madrasah yang dipublikasikan secara umum serta disajikan dalam bentuk peta dan dapat dikelola oleh para admin dengan hak akses berbeda.

Deskripsi Umum Kebutuhan Aplikasi Yang Akan Diimplementasikan
Deskripsi umum aplikasi yang akan diimplementasikan meliputi informasi profile madrasah dan informasi kondisi bangunan madrasah untuk acuan para pengambil keputusan dalam menentukan suatu kebijakan.

Dokumen ini dibuat untuk memberikan panduan penggunaan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah. Dokumen ini berisikan informasi sebagai berikut :
  1. BAB I; Berisikan informasi umum yang merupakan bagian pendahuluan, yang meliputi tujuan pembuatan dokumen, deskripsi umum sistem serta deskripsi dokumen.
  2. BAB II; Berisi Perangkat yang dibutuhkan untuk penggunaan Sistem Informasi Geografis Sebaran Madrasah meliputi perangkat lunak dan perangkat keras.
  3. BAB III; Berisi user manual penggunaan aplikasi yang diperuntukan baik untuk administrator maupun pengguna (user).
Sumber Daya yang Dibutuhkan:

Perangkat Lunak:
Perangkat lunak yang digunakan dalam pengujian adalah :
  1. Operating System
  2. Browser
Perangkat Keras:
Perangkat keras yang dilibatkan dalam pengujian aplikasi ini adalah:
  1. Komputer dengan spesifikasi memadai
  2. Mouse sebagai peralatan antar muka
  3. Monitor sebagai peralatan antar muka
  4. Keyboard sebagai peralatan antar muka
Sumber Daya Manusia:
Sumber daya manusia yang menggunakan aplikasi ini adalah pengguna yang pemahaman tentang antar muka komputer.

Pengenalan dan Pelatihan:
Sumber daya manusia yang terlibat dalam pengoperasian aplikasi ini terlebih dahulu diberikan pengenala dan pelatihan yang cukup dalam menggunakan Aplikasi GIS Sebaran Madrasah ini.

    Download User Manual Sistem Informasi Geografis Sebaran Madasah atau GIS (Geographic Information System)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas User Manual Sistem Informasi Geografis Sebaran Madasah atau GIS (Geographic Information System) silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    User Manual Sistem Informasi Geografis Sebaran Madasah atau GIS (Geographic Information System)



    Download File:

    Panduan Operator GIS Madrasah 2018.pdf
    Surat GIS - Surat Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor: 172/Dt.1/Dt.1.1.2/Ks.00/02/2018.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file User Manual Sistem Informasi Geografis Sebaran Madasah atau GIS (Geographic Information System). Semoga bisa bermanfaat.


    Lihat juga di bawah ini beberapa rekomendasi berkas penting lainnya:

    Tips: Klik Bagikan/Share sebelum Download

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »